Wednesday, September 13, 2006

MEMELIHARA LUKA^

Asa Mengobati Luka Jiwa

Satu hal yang tidak aku suka dari diriku adalah ,aku sering memelihara luka.
Ketika ada seseorangy ang menancapkan belatinya tepat di hatiku,
maka seketika itu aku akan merasakan luka yang dalam ,
menghujam sampai ke akar, meskipun aku sadar sesungguhnya belati itu tidak pernah sampai ke akar hatiku,
tetapi aku selalu terus membiarkan lukanya bernanah, membusuk dan sampai berbau.
Suatu saat belati-belati itu memang dicabut kembali oleh pemiliknya, dengan maafnya, tetapibekas luka yang ditinggalkan tidak jua kubersihkan. Justru aku lebih sering memeliharanya dengan memberi pupuk,menyiraminya dengan air dan cahaya yang cukup,hingga luka itu dapat tumbuh subur.
Ketika luka-luka itu mulai mengakar, menyebar, rimbun danmemenuhi rongga hatiku, maka cahaya mataharimenjadi sulit untuk masuk menyinari lahan hatiku.
Gelap, aku sulit melihat dan sesak untuk bernafas.Di saat seperti itulah aku baru tersadar, bahwal uka itu sudah sangat liar dan rimbun dahannyatidak teratur bahkan menutupi ruang masuknya cahaya. Aku memangkasnya sedikit demi sedikit,dari mulai daunnya, dahan hingga yang paling tersulit sekalipun, yaitu akarnya.
Aku tidak ingin menzolimi ruang hatiku dari hak nya mendapatkan cahaya.Aku tahu, sama sekali tidak ada manfaatnya memelihara luka, justru akan mematikan rasa dihatiku. Bahwa seperti hal nya aku, orang-orangyang sudah melukai hatiku adalah juga manusiabiasa.
Aku pun bukan tidak mungkin pernah juga menanamkan benih luka di dalam hati sahabat-sahabatku, dan aku juga tidak ingin merekamemelihara luka yang pernah aku tancapkan dansudah kubersihkan dengan untaian maaf.
Aku sedang ingin berproses memiliki hati yang bening, agar luka apapun yang pernah singgah,tidak akan kubiarkan mengendap lama, karena beningnya hatiku akan mampu menetralisir luka itu.
Allah yang sangat suci saja Maha Pemaaf, lalu kenapa aku yang hina dina ini harus mempertahankan egoku untuk sebuah kata maaf?
Aku tidak ingin lagi memelihara luka karena aku tidak akan memanen buah yang manis, tapi justru kehinaan yang kelak akan kudapat.
My little angel August 2005
Sepenuh asa untuk sembuhnya lukaku.
Note from likh for My little Angel: Mari kita saling memaafkan serta saling suport utk memahami setiap kekurangan masing masing agar bersama samaberproses menuju jiwa yg sempurna. Amiin Allahuma Amin.
__________________________________________________

0 Comments:

Post a Comment

<< Home